Vitandut’s Weblog

Agustus 17, 2008

PENGGUNAAN INTENET SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI

Filed under: 1 — vitandut @ 1:02 pm

PENDAHULUAN

Kalau kita kembali ke jaman dahulu ketika seorang guru masih dianggap sebagai seorang yang maha tahu,seorang yang bisa “diandalkan” dalam ilmu pengetahuan. Tapi sekarang kalau boleh saya menyebut “sang guru” itu adalah internet.

Mengapa demikian? Karena sekarang sudah bermunculan paradigma-paradigma bahwa untuk memperoleh pengetahuan, untuk memperoleh sebuah ilmu tidak perlu selalu bertanya pada seorang guru (walaupun itu masih perlu karena guru masih dianggap sebagai seorang pembimbing dan fasilitator dalam belajar). Kita cukup duduk di depan komputer yang terkoneksi dengan jaringan internet, kita buka situs “search engine” semisal yahoo atau google dan kita ketik apa yang kita cari, maka akan muncul beberapa situs web yang ada dalam kata yang kita cari.

Selama beberapa waktu silam orang hanya menggunakan media tradisional sebagai alat untuk saling bertukar informasi. Bahkan sebelum perkembangan dunia komputer maju seperti saat ini, orang hanya menggunakan media seperti interkom sebagai alat berkomunikasi alternatif. Alat komunikasi yang lain masih cukup mahal dan tidak menarik untuk menggunakan. Dengan media di atas orang memperoleh media alternatif. Namun saat ini perkembangan dunia komputer telah semakin maju dan merata, zaman interkom itu kini benar – benar hanya menjadi kenangan manis, karena orang telah memperoleh media baru yang jauh lebih mudah dan tetap murah. Dan jaringannyapun kini semakin luas, tidak terbatas pada suatu lokal tertentu.

Media baru itu yakni internet, bisa menjadi media alternatif yang menarik, karena ke mudahannya dan kemampuan jaringannya. Bahkan media ini jauh lebih baik kemampuannya dari media komunikasi lain yang menggunakan teknologi yang juga cukup canggih. Semisal penggunaan gelombang radio. Dengan internet, orang bisa melakukan pertukaran informasi yang jauh lebih sempurna dan lengkap dari media – media itu, yang hanya berdasar data analog. Pemanfaatannya yang tepat akan menjadi media alternatif yang flexibel dan menarik. Media – media lain seperti di atas, belum bisa menandingi kemampuan internet ini yang jauh lebih lengkap dan luas. Namun kebanyakan orang masih awam dan enggan menggunakan media ini, mereka sudah menyerah dengan halangan teknis, seperti kemampuan untuk mempromosikan web mereka. Halangan teknis ini bagi kebanyakan memang cukup mengganjal, karena tanpa usaha yang sungguh – sungguh hampir tidak ada orang yang mengetahui keberadaan web mereka. Jika tidak, orangpun belum tentu mengunjungi web itu, kesulitan menjual web ini bahkan lebih sulit dari menjual produk lain yang meski harus membeli untuk mendapatkannya.

Halangan teknis di atas yang akhirnya orang kurang tertarik untuk menggunakan media internet ini sebagai media komunikasi dan sarana untuk pertukaran informasi. Mereka tidak memandang kemampuan internet yang sebenarnya jauh lebih flexibel dari media media lain seperti contoh di atas, atau media komunikasi lainnya. Keflexsibelan internet ini karena kini harganya (akses internet) jauh lebih murah dan baik, dibanding beberapa tahun yang lalu. Kemampuannya yang kini semakin baik dan murah ini, bisa menjadi media yang flexibel dan menarik, karena kini semakin mudah diakses oleh orang dimana saja.

Beberapa waktu yang lalu, lembaga atau perusahaan publikasi, kadang harus menggunakan media lain yang jauh lebih mahal dan sulit. Seperti penggunaan kaset recorder, buku, penerbitan khusus dan lain – lain. Media – media ini tentu jauh lebih mahal dan kemampuannya belum tentu maksimal.

Hadirnya internet, kini bisa menjadi alternatif yang jauh lebih baik dari masa silam itu, yang tidak semua orang mampu mengerjakannya. Karenanya orang bisa memilih media ini untuk media mereka yang akan jauh lebih murah dan flexibel dari media – media seperti di atas yang membutuhkan biaya yang sangat besar. Orang bisa menggunakan media ini untuk sarana pertukaran informasi mereka dan mengoptimalkannya agar bisa berperan lebih maksimal. Sebagai media untuk memberi penyadaran kepada masyarakat misalnya, media ini akan lebih cocok karena tanpa perlu mengeluarkan biaya yang sangat besar itu. Orang tinggal membuat materi yang sesuai untuk program yang mendukung obyektif mereka, dan mempublikasikannya di internet. Saat orang – orang / masyarakat membuka web itu, mereka segera dapat menemukan materi atau publikasi yang diinginkan.

Proses demikian bisa digunakan untuk berbagai bidang dan obyek yang sangat luas, baik oleh perorangan, oraganisasi, lembaga dan lain – lain. Untuk mendukung program – program mereka atau publikasi mereka ke masyarakat, mereka bisa menggunakan internet ini yang akan jauh lebih flexibel dan murah.

Proses interaksi dengan publikpun bisa dilakukan melalui jaringan komputer abad XXI ini pendayagunaannya yang terkelola baik, akan mempermudah publikasi dan program – program mereka. Untuk memerangi masalah – masalah sosial misalnya, orang bisa menggunakan media ini yang akan lebih murah. Berbagai permasalahan / penyakit sosial itu bisa diperangi melalui jaringan komputer yang paling besar ini, media – media lain orang akan membutuhkan sumberdaya dan biaya yang jauh lebih besar. Untuk satu pemasangan iklan di media publik konvensional, saat ini sudah semakin mahal, misalnya untuk media elektronik. Untuk sekali pemasangan pesan di televisi yang berjangkauan nasional, dalam tiap detik misalnya orang sudah harus mengeluarkan milyaran rupiah. Media elektronik lain yang dibawahnyapun tidak kurang mahal, seperti media radio yang punya nama. Media – media ini akan jauh lebih mahal dibanding media cetak. Orang akhirnya harus memilih media yang murah.

Saat ini bahkan justru internet lebih banyak digunakan untuk penyebaran hal-hal yang tidak produkktif bahkan merusak. Seperti untuk penyebaran pornografi dan berbagai barang berbahaya lainnya. Hal – hal demikian sebenarnya sangatlah membahanyakan bagi orang dan manusia keseluruhan. Karena media ini barang – barang berbahaya itu semakin mudah terdistribusi dan didapatkan. Karenanya penggunaan demikian justru merugikan tidak saja bagi masyarakat namun juga semua orang, karena internet akan semakin kotor dan dibenci orang. Banyak orang mempunyai kebutuhan yang sama di internet ini, baik serbagai media publikasi maupun sebagai bisnis. Kekotoran dan kerusakan di internet ini akan mengganggu kebanyakan kebutuhan bersama orang itu. Memerangi barang – barang berbahaya di internet itu. mungkin bisa juga dilakukan melalui website, sehingga orang akan memilih media – media yang sehat bagi akses internet mereka.

PEMBAHASAN

Sejarah Internet

Pada awalnya Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.

Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 3 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu di tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.

Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu “MILNET” untuk keperluan militer dan “ARPANET” baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

Sekarang internet sudah sangat berkembang dalam hal tujuan penggunaannya. Kalau dulu digunakan sebagai proyek pertahanan tapi sekarang banyak yang menggunakan internet sebagai media pembelajaran, media informasi, dan juga berkembang sebagai media hiburan.Dari penulis, dosen,guru, ilmuwan, mahasiswa, bisnisman, musisi, dan banyak lagi mulai menggunakan media internet sebagai media untuk bertukar, berbagi dan mencari informasi. Banyak sekali ragam tulisan yang sudah di upload(unggah) dengan menggunakan media ini. Sehingga jika kita ingin tahu informasi tidak hanya dari seorang guru yang kita kenal saja. Tetapi bisa saja kita berguru kepada orang yang belum bahkan tidak kita kenal sama sekali. Melalui tulisan dari orang yang mengunggah filenya yang tidak hanya satu orang di internet itulah kita bisa belajar lebih banyak dari pada guru yang ada di sekolah kita. Jadi bisa saya katakan “sang guru” itu adalah internet.

Menggunakan Internet sebagai Media Pendukung dan Penyadaran Masyarakat

Untuk mendapat informasi lebih dalam tentang ini, bisa dibaca artikel – artikel kami yang lain yang sesuai. Beberapa teknis dan trik untuk membuat publikasi online, dapat anda temukan dan membantu usaha publikasi anda. Untuk mendapatkan keterangan anda juga bisa menghubungi kami melalui alamat kami. (mycs)

Sejalan dengan perkembangan zaman, kemajuan teknologi internet juga semakin maju.  ‘Internet’ adalah jaringan komputer yang dapat menghubungkan suatu komputer atau jaringan komputer dengan jaringan komputer lain, sehingga dapat berkomunikasi atau berbagi data tanpa melihat jenis komputer itu sendiri.  Pada tahun 1999, jumlah komputer yang telah dihubungkan dengan internet di seluruh dunia mencapai lebih dari 40 juta dan jumlah ini terus bertambah setiap hari.  Saat ini jumlah situs web mencapai jutaan, bahkan mungkin trilyunan, isinya memuat bermacam-macam topik.  Tentu saja, situs-situs itu menjadi sumber informasi baik yang positif ataupun negatif.  Informasi dikatakan positif apabila bermanfaat untuk penelitiaan.

Quarterman dan Mitchell membagi kegunaan internet dalam empat kategori, yaitu:

1. Internet sebagai media komunikasi, merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.

2. Media pertukaran data, dengan menggunakan email, newsgroup, ftp dan www (world wide web – jaringan situs-situs web) para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.

3. Media untuk mencari informasi atau data, perkembangan internet yang pesat, menjadikan www sebagai salah satu sumber informasi yang penting dan akurat.

4. Fungsi komunitas, internet membentuk masyarakat baru yang beranggotakan para pengguna internet dari seluruh dunia.  Dalam komunitas ini pengguna internet dapat berkomunikasi, mencari informasi, berbelanja, melakukan transaksi bisnis, dan sebagainya.  Karena sifat internet yang mirip dengan dunia kita sehari-hari, maka internet sering disebut sebagai cyberspace atau virtual world (dunia maya).

Untuk forum ini, saya tertarik untuk mengamati mengenai fungsi internet sebagai sarana komunikasi mahasiswa di TSM. Pada tulisan di forum ini ingin mengetahui fasilitas apa, di mana, bagaimana, mengapa, kepada dan dari siapa mahasiswa tersebut menggunakan internet untuk berkomunikasi.

Pada umumnya, para pengguna internet menggunakan internet yang tersedia di warung-warung internet atau yang lebih dikenal dengan istilah ‘warnet’.  Hal ini karena biayanya lebih murah dibandingkan dengan menggunakan internet pribadi.  Sama halnya dengan mahasiswa TSM yang menjadi subyek pengamatan dan penelitian ini, mereka juga kebanyakan menggunakan internet di warung-warung internet (warnet/cafenet), rumah sendiri, atau di kampus.

Perlu diketahui bahwa mahasiswa belum bekerja, dan masih bergantung dari dana yang diberikan oleh orang tua mereka.  Keadaan ini merupakan salah satu penyebab dimana mereka akan menggunakan komputer yang terhubung dengan internet. Pada umumnya, biaya menggunakan internet adalah sebesar tiga ribu lima ratus rupiah per jam.  Tentu saja, biaya ini relatif mahal karena mahasiswa yang masih banyak tergantung dari dana yang diberikan orang tua perhari atau per mingu atau per bulan.  Maka, komunikasi para mahasiswa lewat internet menjadi terbatas oleh biaya.

Situs Web

World Wide Web yang sering disingkat www merupakan fasilitas internet yang paling banyak digunakan saat ini di samping email.  Situs web adalah informasi yang dapat diakses oleh seluruh pengguna internet dari seluruh dunia dengan menggunakan program yang disebut Web Browser misalnya Netscape Navigator dan Microsoft Internet Explorer.  Informasi yang ditempatkan dalam situs web itu dapat berupa tulisan, gambar, animasi, suara, dan video klip.

Sebagai sarana komunikasi mahasiswa TSM. Sistus web tersebut berguna untuk mencari data, berita, mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan baru, dan lain lain.  Misalnya, melalui pengamatan banyak mahasiswa mengunjungi web situs seperti friendster, detik, satuwanita, yahoo, CNN, Kompas dan sebagainya.  Selain itu, mahasiswa bisa mempunyai situs web sendiri untuk menyebarluaskan ide-ide dan pendapat mereka sendiri kepada seluruh dunia.

Email

Tujuan mahasiswa dalam menggunakan fasilitas internet bermacam-macam.  Banyak mahasiswa menggunakan internet untuk penelitian, atau mencari berita asing, tetapi yang paling populer adalah email.  Email itu adalah surat menyurat secara elektronik di mana pesan yang dikirimkan akan sampai dalam waktu singkat.  Pesan email tidak hanya berupa tulisan tetapi dapat disertai dengan file gambar, suara, animasi, dan lain lain.  Selain itu, email dapat dikirimkan kepada ratusan orang hanya dalam satu kali pengiriman.  Makanya, email ini menjadi penting untuk komunikasi dalam zaman modern ini, dan terutama bagi para mahasiswa.

Dalam pengamatan rata-rata mahasiswa yang pernah menggunakan internet mempunyai alamat email sendiri.  Alamat email mahasiswa itu semuanya bebas biaya seperti yahoomail atau hotmail yang terkenal.  Mereka lebih menyukai yahoomail atau hotmail karena iklan-iklan situs web itu berhasil mempengaruhi mereka dan provider email itu sangat terkenal tidak hanya di , tetapi juga di seluruh dunia.

Tentu saja, email yang diterima tetapi tidak diharapkan bukan hanya SPAM.  Virus komputer juga sering diterima lewat email, dan topiknya juga tidak jelas.  Sayangnya, belum ada cara untuk menghentikan SPAM dan virus komputer tersebut.  Banyak perusahaan email gratis mempunyai ‘SPAM filter’ yang menghentikan penerimaan SPAM tetapi filter ini biasanya tidak efektif.  Mungkin di masa depan seseorang akan membuat fiter yang efektif tetapi saat ini SPAM dan virus tetap menjadi masalah besar.  Namun demikian, manfaat email masih melebihi dampak negatifnya.  Bagi mahasiswa TSM, email masih merupakan sarana komunikasi yang tercepat dan tercanggih untuk berkomunikasi dengan teman dan keluarga.  Email sudah menjadi pengganti yang baik dari surat biasa (atau dalam ‘bahasa internet’, snail mail) karena email tersebut diterima pada saat dan waktu yang sama dan tidak bisa dibaca oleh orang lain.

Chatting

Internet Relay Chat atau IRC atau sering disebut dengan chat atau chatting adalah forum diskusi online para pengguna internet dengan menggunakan tulisan sebagai alat untuk berdiskusi.  IRC ini menyediakan suatu cara untuk berkomunikasi secara langsung dengan orang-orang di seluruh dunia, dan tentu saja, antara mahasiswa.  IRC terdiri dari bermacam-macam jaringan server IRC (mesin-mesin untuk menghubungkan pemakai dengan IRC). Para pengguna memiliki suatu program (yang disebut ‘client’) untuk menghubungkan mereka dengan suatu server dari salah satu jaringan IRC tersebut.  Server-server ini yang akan mengirimkan informasi dari satu server dan ke server yang lain dalam jaringan yang sama.  Saat ini terdapat ribuan grup chatting dalam berbagai bahasa dan topik.Tiga atau Lima tahun yang lalu, penggunaan telepon genggam sudah semakin popular di Indonesia, terutama di antara generasi mudah pada umumnya, dan mahasiswa TSM pada khususnya.  Dengan menggunakan fasilitas Short Message Service (SMS), bahasa yang digunakan berkembang sebagaimana layaknya ‘bahasa internet’.  Kata-kata yang digunakan dalam ber-SMS sering kali disingkat, dan ejaannya tidak baik dan benar pada saat mengirim pesan kepada teman.  Memang, mahasiswa yang sering chatting melalui internet juga mempunyai telepon genggam dan menggunakan ‘bahasa internet’ untuk SMSnya.  Jadi, ‘bahasa internet’ juga biasa digunakan untuk ber-SMS.  Menurut pendapat saya, penggunaan ‘bahasa internet’ atau ‘bahasa chatting’ itu semakin meluas di masyarakat.  Mungkin di masa depan, kita akan mengembangkan bahasa yang baru dengan tata bahasa dan istilah-istilah baru.

Dampak Internet Terhadap Masyarakat

Di era globalisasi sekarang ini, kita sudah tidak asing lagi dengan yang namanya internet. internet merupakan sarana untuk mendapatkan berbagai macam informasi yang dibutuhkan oleh seluruh lapisan masyarakat. Internet pada awalnya muncul pada tahun 1969 di AS, yaitu teknologi yang diawali oleh proyek yang dilakukan oleh departemen AS. Proyek yang disebut ARPA ini bertugas untuk melakukan penelitian yang bermanfaat bagi kelancaran dan kemajuan tugas-tugas militer AS, karena berbasis komputer maka dinamakan dengan ARPANET.

Internet adalah sistem informasi global berbasis komputer. jadi, bergaul dengan internet sama juga bergaul dengan komputer. internet tidak akan ada tanpa komputer. Ibarat kapal tanpa nahkoda, kan tidak bisa jalan juga! Begitu juga dengan internet, tanpa adanya komputer kita tidak bisa mengakses internet. Untuk mengakses internet kita hanya membutuhkan seperangkat komputer, modem, dan saluran telepon. Bahkan saat ini tidak perlu mempergunakan jaringan telepon, cukup dengan menggunakan wireless internet. jadi, sangat gampang bukan untuk mengakses internet?

Adapun fasilitas dalam internet yaitu : E-mail (surat elektronik), Bulletin Board System(BBS), File transfer Protocol(FTP), Information Browsing(gopher), Remote Login(Telnet), Advanced Browsing(www), Automated Title search(archie, veronica), Automated content search, dan komunikasi audio dan visual.

Keberadaan internet memberi dampak positif bagi seluruh masyrakat pengguna internet termasuk remaja. Disana mereka bisa dengan cepat mendapatkan informasi, bisa mencarinya dengan menggunakan google atau dengan cara yang lain. Tetapi kebanyakan remaja menggunakan internet untuk mencari teman, chatting, kirim e-mail dan mencari tugas-tugas kuliah atau tugas sekolah. Dikalangan remaja masa kini yang lagi marak-maraknya adalah friendster. Mereka mencari teman melalui frienster dan bisa juga kirim-kirim foto atau lain sebagainya.

Internet bukan hanya untuk mencari informasi saja, akan tetapi dapat digunakan sebagai tempat penjualan barang dan jasa. Penjualan melalui internet ini disebut E-Commerce (electronic commerce). Muncunya istilah ini seiring dengan semakin berkembangnya disiplin ilmu komputer dan internet. E-com ini dapat diartikan sebagai pertukaran barang, jasa, dan atau informasi melalui medium elektronik dengan imbalan uang yang pembayarannya dilakukan dengan menggunakan credit card (kartu kredit). Rentang bisnis melalui internet ini mulai dari pemesanan bunga untuk orang tercinta, jual buku, langganan majalah, sampai pembayaran ribuan rupiah untuk pembelian chip processor yang akan digunakan untuk komputer.

Langkah pertama yang harus dilakukan oleh para pengusaha adalah membuat “homepage” yang akan berfungsi sebagai toko di internet. Melalui homepage ini ia dapat menyebarluaskan informasi mengenai perusahaan, pruduk, dan pelayanan yang di tawarkan. Manfaat dari E-com itu sendiri adalah bisa menurunkan pengeluaran tetap, karena perusahaan bisa menghemat jumlah pegawai, dengan demikian juga pengeluaran untuk gaji dan infrastruktur fisik. Dan sebaliknya, untuk konsumen E-com menawarkan kenyamanan lebih besar dan pilihan lebih banyak untuk barang dan jasa yang akan dibeli dengaan harga lebih baik.

Selain dampak positif, internet juga bisa memberi dampak negatif bagi kalangan masyarakat khususnya remaja. Misalnya para remaja membuka situs-situs porno di internet. Itu merupakan salah satu perilaku menyimpang yang dilakukan remaja. Disana mereka bisa melihat gambar-gambar porno, adegan-adegan yang bisa menggoyahkan iman manusia, dan itu semua dapat merusak moral para remaja yang merupaka generasi penerus bangsa.

Selain itu, dampak buruk dari internet itu adalah timbul berbagai macam kejahatan. Diantaranya adalah pencurian uang di Bank melalui internet, dan biasanya orang yang ahli di bidang itu disebut Hacker. Perbuatan kriminal tersebut sulit untuk di deteksi karena mereka menggunakan taktik sendiri dan kode-kode tertentu dalam pelaksanaan misi mereka. Dan itu semua tidak dapat diketahui pihak lain. Pembobolan Bank ini dapt merugikan negara karena jumlah yang diraut bukan hanya jutaan rupiah, melainkan trillyun rupiah. Contoh kejahatan lain adalah penipuan undian berhadiah. Dan masih banyak lagi tindak kriminal yang dilakukan melalui internet.

Dari pernyataan diatas dapat disimpulkan bahwa internet banyak membantu manusia dalam menjalankan aktivitasnya sehari-hari. Internet bisa berdampak positif dan juga negatif tergantung cara kita menggunakannya.

KESIMPULAN

Di masa era globalisasi ini, Ilmu pengetahuan sangat dibutuhkan supaya kita dapat mengikuti perkembangan zaman dan perkembangan tekhnologi dan juga supaya kita tidak tersingkir dari pergaulan dunia luar. Sekarang ini ada berbagai macam media untuk mendapatkan Ilmu pengetahuan dan tekhnologi itu, seperti melalui buku, melalui interaksi dengan orang yang dapat kita percayai sebagai fasilitator pendukung kita dalam mendapat ilmu pengetahuan atau lebih dikenal dengan Guru, Dosen, atau pembimbing lainnya, serta melalui media internet yang sekarang dapat kita temukan di berbagai tempat di dunia ini.

Di permukaan bumi ini, khususnya di Negara Kesatuan Republik Indonesia tempat saya berdomisili ini, cara untuk mendapatkan ilmu pengetahuan banyak sekali, sebut saja perpustakaan yang ada di berbagai macam sekolah yang didalamnya banyak sekali terdapat buku mengenai ilmu-ilmu pasti, seperti ilmu alam (Sains), ilmu sosial yang berguna untuk mengetahui berbagai macam cara bersosial (Sosiologi), untuk mengetahui berbagai macam sejarah masa lalu (Sejarah), dan juga untuk mengetahui bagaimana bentuk permukaan bumi dan gejala-gejalanya. Cara yang lain adalah dengan membuka program internet yang bisa dibuka di rumah kita bila ada komputer dan alat pendukungnya yang bernama modem, serta bisa juga dibuka bila kita mendatangi warnet-warnet (warung internet) yang menjamur di seluruh Indonesia.

Internet saat ini sangat menguntungakan bagi siapa saja. Karena melalui internet kita akan mendapatkan banyak informasi. Banyakyang dibantu oleh internet ini para mahasiswa,pejabat,atau kalangan menengah lainpun banyak mengerjakan sesuatu dengan bantuan internet. Berterima kasihlah pada internet yang membantu meringankan tugas-tugas kita.

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: